Jumat, 13 April 2012






Kampung Ulu, Muntok – Bangka

Merupakan salah satu kampung tua di Kota Muntok. Kampung ini merupakan perkembangan dari Kampung Tanjung yang merupakan kampung tertua di Kota Muntok. Pada awalnya Kampung Ulu bernama Kampung Pemohon. Di kampung ini masih ditemukan 11 buah rumah tradisional Bangka tipe ‘Rumah Melayu Bubung Panjang’ dan ‘Rumah Melayu Bubung Limas’. Rumah-rumah tersebut berupa rumah panggung yang berdenah persegipanjang. Bagian bawah rumah umumnya telah ditutup oleh papan kayu dan mempunyai teras depan. Atap rumah dan teras menggunakan atap pelana. Namun demikian pada beberapa rumah atapnya berupa atap limas.


Pembagian ruangan pada rumah-rumah di Kampung Ulu terdiri dari tiga bagian, yaitu teras, ruang utama, kamar dan dapur. Jika dibandingkan dengan rumah bubung panjang yang terdapat di wilayah Melayu daratan, terlihat teras rumah bubung panjang di wilayah Melayu daratan memiliki dua variasi keletakan, yaitu di bagian depan dan di bagian samping, sedangkan teras rumah bubung panjang di Kampung Ulu terdapat di bagian depan. Selain itu pada rumah bumbung panjang di wilayah Melayu daratan hanya terdiri dari dua tingkat. Lantai bagian teras terletak sejajar dengan ruang utama dan kamar; sedangkan lantai bagian dapur terletak lebih rendah daripada ketiga bagian di depannya. Pada rumah bumbung panjang di Kampung Ulu terlihat lantai masing-masing bagian rumah memiliki perbedaan ketinggian. Kamar merupakan bagian tertinggi, sedangkan dapur merupakan bagian terendah dari sebuah rumah.


Perbedaan ketinggian lantai ini kemungkinan merupakan pengaruh dari Palembang (sebelum masa kolonial, Bangka merupakan bagian dari wilayah Kesultanan Palembang Darussalam). Pada Rumah Limas Palembang, terdapat pembagian tingkatan pada masing-masing bagian rumah. Pembedaan tinggi lantai pada Rumah Limas dapat terlihat pada acara-acara adat dan didasarkan pada status sosial seseorang. Bagian yang tertinggi merupakan bagian yang diperuntukan bagi pemilik rumah sedangkan lantai berikutnya diperuntukan bagi kelompok masyarakat tertentu sesuai dengan statusnya.

1 komentar:

  1. Angka Main HONGKONG : 90315 BB

    Jaga BB Colok bebas HONGKONG : 9 1

    Colok Macau 2D HONGKONG : 90 31 BB

    Angka Jadi 2D Bom Bandar HONGKONG : 21*26*25*29*12*16*15*19*62*61*65*69*52*51*56*59*92*91*96*95*

    Main Ganjil Genap HONGKONG : GENAP

    Main Besar Kecil HONGKONG : BESAR

    Prediksi Togel Terlengkap

    Prediksi gratis tanpa mahar

    BalasHapus